Bimtek/ Diklat Penyusunan Laporan Keuangan Rumah Sakit
Pelaksanaan, tanggal dan tempat : terlampir
Kepada Yth :
- Direktur RSU / RSUD
- Kepala Dinas Kesehatan
- Kepala Puskesmas
di
Tempat
Dengan hormat,
RSUD BLUD meskipun memiliki fleksibilitas dalam
hal-hal tertentu, namun dibebani dengan kewajiban penyusunan laporan
keuangan yang seabrek-abrek. Dari jenis laporan keuangannya saja, ia
harus membuat Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus kas, Laporan Realisasi
Anggaran dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Dari segi frekwensi, ada yang
harus dibuat triwulanan (laporan operasional dan arus kas) serta semesteran
(semua laporan keuangan minus laporan realisasi anggaran) dan tahunan (semua
jenis laporan keuangan). Itupun belum termasuk laporan pendapatan yang
harus dikirimnya tiap bulan dan daftar SPM pengesahan yang harus dibuatnya
triwulanan.
Banyaknya pelaporan keuangan yang harus dibuat adalah
konsekuensi wajar dari penerapan dua standar akuntansi yang diterapkan oleh
RSUD. Sebagai BLUD ia harus mengacupada Standar Akuntansi Keuangan
sebagaimana amanat PP 23/2005, sedangkan sebagai satuan kerja pemda ia harus
mengacu pada standar akuntansi pemerintahan yang diadopsi oleh Pemda setempat.
Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan pemahamaman
dan wawasan pegawai khususnya Rumah Sakit BLU/BLUD maka kami akan
menyelenggarakan Bimtek "Penyusunan Laporan Keuangan Rumah Sakit / Badan Layanan Umum Daerah"; Secara garis besar
materi kegiatan bimtek ini meliputi :
- Peraturan, Kebijakan dan Dasar-dasar Penyusunan
Laporan Keuangan RSUD BLUD
- Praktik Penyusunan Laporan Keuangan RSUD BLU
Lampiran pelaksanaan
Untuk Jadwal dan Pelaksanaan
Informasi Permintaan Undangan :
Untuk Informasi Lebih Lanjut Dapat Menghubungi Kontak kami
di Telp : 021-21478758 Hp : 0821 123 6666 2; 0811 180 721, (a.n. Arifin
Siregar) Email : lediknas@gmail.com , Lensa Diklat Nasional (LEDIKNAS), terima
kasih.
Biaya Pelatihan Sebesar :
Rp. 4.500.000 (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) Bagi
Peserta Menginap dan Rp. 3.000.000 (Tiga Juta Rupiah) Bagi Peserta Tidak
Menginap.
Fasilitas Selama Pelatihan :
Penginapan 4 Hari 3 Malam, Komsumsi (Makan Pagi, Makan
Siang, Makan Malam, Coffe Break), Paket Meeting, Kit Pelatihan, Souvenir, Tanda
Peserta dan Sertifikat.
Catatan :
- Jadwal yang telah diposkan dan telah terlaksana, apabila
ingin mengikuti pelatihan dengan materi tersebut harap dikonfirmasi untuk
melakukan penjadwalan;
- Kami melayani penyelenggaraan kegiatan di seluruh provinsi,
kabupaten dan kota disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 8 peserta)
0 komentar:
Post a Comment